August 9, 2020
Tips untuk Memilih Pasta Gigi yang Tepat Bagi Anda yang Memiliki Gigi Sensitif

Tips untuk Memilih Pasta Gigi yang Tepat Bagi Anda yang Memiliki Gigi Sensitif

Gigi memiliki lapisan luar yang disebut enamel atau enamel. Ketika enamel rusak, lapisan dentin di bawahnya terbuka dan mudah terkena berbagai rangsangan, seperti makanan asam, minuman panas atau es krim. Nyeri akibat stimulasi adalah gejala gigi sensitif.

Ada beberapa jenis gigi sensitif, seperti menyikat gigi terlalu keras, menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan abrasif (perusak enamel gigi) dalam jumlah besar, penuaan dan pemutihan gigi (whitening). Rongga dan penyakit periodontal juga merupakan salah satu penyebab utama. Sangat penting untuk merawat gigi Anda setiap hari.

Maka dari itu penting untuk memilih pasta gigi untuk gigi sensitive jika anda memiliki gigi yang sensitif. Berikut ada beberapa tips memilih pasta gigi untuk gigi sensitif sebelum anda membelinya di tempat jual pasta gigi.

Untuk mencegah gigi sensitif, gunakan pasta gigi yang mengandung bahan aktif untuk perawatan. Di sini kita akan meninjau bahan-bahan yang efektif dalam merawat gigi sensitif.

  1. Kalium nitrat (potassium nitrate)

Untuk mencegah rasa sakit dari gigi sensitif, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung kalium nitrat. Senyawa kalium akan memblokir sinyal rasa sakit yang ditransmisikan dari saraf gigi, sehingga Anda dapat mencegah rasa sakit yang disebabkan oleh rangsangan dentin.

Dengan penggunaan rutin, frekuensi nyeri berkurang secara bertahap, sehingga disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung kalium nitrat untuk penggunaan sehari-hari.

  1. Aluminum lactate

Aluminium laktat efektif dalam meredakan stimulan yang berasal dari dentin. Jika Anda merasa sakit, pilih pasta gigi yang mengandung kombinasi aluminium laktat dan kalium nitrat. Ada saluran kecil di dentin yang disebut tubulus dentin atau tubulus dentin, di mana ada lubang kecil yang berguna untuk melewati saraf.

Peran aluminium laktat adalah untuk melindungi tubuli dentin dan untuk menghentikan saraf dari menghindari rangsangan eksternal.

  1. Pilih produk dengan kandungan fluoride

Untuk mengurangi sensitivitas gigi, sangat penting untuk memulihkan dentin yang telah ditemukan dengan memperbaiki enamel gigi. Untuk tujuan ini, Anda dapat memilih pasta gigi berfluoride.

Hal itu dapat meningkatkan remineralisasi gigi dan menutup kehilangan enamel gigi karena menyikat gigi atau alasan lain. Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride secara teratur, gigi menghindari demineralisasi, yang melarutkan enamel gigi, membuat dentin lebih kuat.

  1. Kandungan yang dapat mencegah penyakit periodontal

Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh penyakit periodontal yang menyerang gusi. Jika penyakit gusi dapat dicegah, bahkan gigi sensitif pun dapat dihindari. Jika Anda merasa gusi Anda sakit akhir-akhir ini, pilih produk yang menggabungkan pencegahan penyakit gusi dan perawatan gigi yang sensitif.

Isopropylmethylphenol, cetylpyridinium chloride dan triclosan adalah beberapa jenis antiseptik yang mencegah penyakit periodontal. Pasta gigi yang mengandung asam traneksamat dan ekstrak siwak juga direkomendasikan karena memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, ada juga konten tokoferol asetat yang secara efektif meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Produk organic atau herbal

Pasta gigi untuk gigi sensitif juga tersedia dalam versi organik atau herbal. Kebanyakan bahan adalah bahan alami dan tidak mengandung antioksidan dan bahan abrasif. Meskipun beberapa produk organik tidak mengandung fluoride, itu tidak masalah, karena fungsi fluoride telah digantikan oleh kandungan bahan-bahan alami. Bagi Anda yang menginginkan lebih banyak keamanan gigi, jenis ini bisa dipilih.

shares