October 24, 2020
Inilah 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Umum, Waspadai dari Sekarang!

Inilah 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Umum, Waspadai dari Sekarang!

Sebelum mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi, Anda harus paham dulu apa saja gejala kolesterol yang perlu diwaspadai dari sekarang. Untuk diketahui, kolesterol terbagi dua jenis yaitu kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL).

Bagi orang dewasa, ukuran normal kolesterol dalam darah yaitu kurang dari 200 mg/dL dengan ambang batas tinggi 200-239 mg/dL dan kategori tinggi 240 mg/dL atau lebih. Umumnya, kolesterol bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan hewani. Paling besar dari kuning telur, daging, dan keju.

Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Seperti yang disinggung di awal, ada beberapa gejala kolesterol yang perlu diketahui untuk membantu Anda melakukan penanganan lebih awal. Apa saja? Berikut poin-poinnya:

1.     Nyeri dada

Gejala kolesterol tinggi paling umum adalah nyeri dada yang berasal dari plak menumpuk di pembuluh darah arteri. Alhasil, menghambat aliran darah ke jantung sehingga oksigen dalam darah tidak tersuplai secara maksimal. Ini bisa berakibat fatal, salah satunya efek serangan jantung.

2.     Bau mulut (Halitosis)

Tidak selamanya bau mulut karena disebabkan makanan yang dikonsumsi. Bau mulut atau halitosis bisa menjadi pertanda awal kadar kolesterol tinggi. Jika kolesterol dalam darah melampaui kadar seharusnya, dampaknya bisa mengarah pada sistem pencernaan yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3.     Pusing dan sakit kepala

Penderita kolesterol tinggi pasti sering mengalami gejala pusing dan sakit kepala tiba-tiba. Hal itu dikarenakan aliran darah ke jantung terhambat akibat adanya penumpukan plak di pembuluh arteri.

Pusing dan sakit kepala bukan hanya mengindikasikan tanda-tanda kelebihan kolesterol, tapi juga berisiko pada stroke. Sebab, salah satu penyebab stroke adalah sirkulasi darah dan oksigen terhambat.

4.     Tubuh gampang lelah

Coba perhatikan kondisi tubuh Anda belakangan ini, apakah sering merasa mudah lelah sekalipun sudah istirahat cukup? Jika mengalami kondisi demikian, maka itu bisa menjadi pertanda kadar kolesterol dalam darah tinggi.

Ketika organ dan jaringan tubuh dipaksa bekerja terus-menerus ditambah dengan tekanan berat, sementara kesehatan jantung dan pembuluh darah melemah, maka itu hanya akan menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh berkurang.

5.     Kesemutan kaki dan tangan

Kesemutan disertai rasa kebas pada kaki dan tangan merupakan gejala kolesterol tinggi yang umum terjadi. Tak hanya itu, rasa ngilu, nyeri, dan tidak nyaman saat menggerakkan kaki atau tangan juga menyusul.

Kondisi tersebut diakibatkan adanya penyempitan pembuluh arteri dimana fungsi utamanya sebagai penyuplai darah. Apabila arteri bermasalah, inilah yang membuat tubuh kekurangan aliran darah sehingga timbul rasa kesemutan, kebas, hingga mati rasa.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang tanda dan gejala kolesterol yang perlu diketahui untuk membantu Anda menemukan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan tepat serta tanpa efek samping. Semoga bermanfaat, ya.

 

shares