October 24, 2020
4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kucing

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kucing  

Makanan untuk kucing tidak bisa dipukul rata. Hal ini karena setiap kucing memiliki kebutuhan sendiri-sendiri. Jenis makanan kucing bisa dibedakan dari teksturnya, basah atau kering. Namun, kandungan di dalam dua jenis makanan tersebut berbeda-beda.

Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Karena kebutuhan kucing berbeda, maka makanannya pun bisa berbeda. Ada pula yang harus memakan dua campuran makanan basah dan kering. Untuk memilih makanan kucing dengan tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1.     Mengetahui Jenis Kucing

Ketahuilah jenis kucing Anda terlebih dahulu. Jenis kucing dalam hal ini tidak hanya ras tetapi juga kondisi bulu apakah panjang atau pendek. Mengetahui jenis kucing dapat menentukan pemberian pakan pada kucing.

Untuk memastikan pemberian pakan, Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan. Jika pemberian makan salah, akibatnya kucing akan mengalami kerontokan bulu hingga penyakit dalam lainnya.

2.     Perhatikan Kondisi Khusus Kucing

Perhatikan kondisi khusus pada kucing Anda. Beberapa kucing memiliki bawaan penyakit, misalnya adalah epilepsi atau penyakit ginjal. Ada pula kucing yang menderita penyakit pada saraf yang disebut cerebellar hypoplasia.

Penyakit-penyakit bawaan ini setidaknya memerlukan jenis makanan kucing yang tentu mengandung lebih banyak nutrisi atau bahkan makanan khusus. Dengan demikian, meski memiliki penyakit bawaan, kucing Anda tetap senantiasa sehat.

Rutinlah mengunjungi dokter hewan agar mengetahui kemungkinan penyakit bawaan sejak dini. Jika Anda mengetahui sejak kecil, maka Anda bisa mempersiapkan mengenai kebutuhan diet pakannya dan juga memberikan lingkungan yang ramah pada kucing Anda dengan kondisi khusus.

3.     Pilih Berdasarkan Usia dan Berat Badan

Pemilihan makanan kucing sebaiknya sesuai dengan usia dan berat badan kucing. Anak kucing yang baru lahir tentu belum bisa memakan makanan padat baik itu basah atau berbentuk krim.

Kucing dengan berat badan yang berlebih tentu memiliki program diet yang berbeda dengan kucing dengan berat badan yang di bawah normal. Oleh karena itu, Anda juga sebaiknya mengikuti saran dokter hewan mengenai pemberian makan kucing ini.

Berikan makanan sesuai dengan takaran dan juga teratur. Jika kucing Anda bosan, Anda bisa mengganti variasi makanan atau mencampur makanan kering dan basah.

4.     Perhatikan Perubahan pada Kucing

Ketika Anda akan mengganti makanan yang biasa dimakan kucing Anda dengan merek atau jenis yang baru, Anda sebaiknya memperhatikan perubahan pada kucing. Perubahan ini bisa dilihat dari perubahan buang air besar atau kecil, kerontokan bulu, dan juga perilaku pada kucing.

Jika ada perubahan pada kotoran saat buang air besar, adanya kerontokan bulu, atau kucing menjadi lebih agresif, Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan yang sama seperti sebelumnya. Sebelum mengganti, Anda juga bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter hewan.

Memilih jenis makanan kucing harus memperhatikan kondisi baik dari tampilan fisik maupun kondisi di dalam tubuh kucing itu. Kucing akan lebih sehat dengan pakan yang tepat.

shares